Cara Mencegah Ambeien Setelah Melahirkan

Cara Mencegah Ambeien Setelah Melahirkan,- Sebenarnya saat hamil itulah awal mula timbulnya ambeien. ambeien ini sangat mengganggu aktibitas ibu terutama jika ambeien menyiksa saat menyusui bayi atau setelah melahirkan. Memang sebelum menderita ambeien sebaiknya mencegahnya lebih dulu. Ambeien sendiri disebabkan oleh  lemahnya dinding pembuluh darah saat kehamilan. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, sehat saat hamil, saat melahirkan dan setelah melahirkan itu mutlak diperlukan.
Penting bagi ibu untuk mencegah ambeien setelah melahirkan. Memang tak semua wanita yang baru melahirkan mengalmai hal demikian namun bagi yang tidak ingin mengalaminya, bisa mulai mencegah ambeien setelah melahirkan dengan cara sebagai berikut:

  • makanan ibu menyusuiKonsumsi makanan yang seimbang
    Sekalipun telah melahirkan dengan sehat dan normal, pasca melahirkan juga penting bagi ibu untuk menjaga asupan makanan. Untuk mencegah ambeien, konsumsilah makanan yang seimbang, sayuran dan buah-buahan bisa dikonsumsi terutama sayuran yang berserat.
  • Minum yang cukup
    Jangan remehkan minum, kadang orang memang menganggap minum itu biasa saja namun ada sejuta manfaat dibalik minum yang cukup. Bila ingin mencegah ambeien maka perbanyaklah minum seperti 8 gelas perhari. Konsumsi air yang cukup akan membantu pencernaan dan mencegah berbagai penyakit seperti halnya ambeien
  • Atur posisi saat berbaring
    Setelah melahirkan aktivitas mutlak dihentikan atau dikurangi lebih banyak berbaring dan duduk saja. Hal ini yang menyebabkan timbulnya ambeien, banyak duduk sehingga pembuluh darah terganggu. Untuk mencegah ambeien setelah melahirkan sebaiknya mengatur posisi saat berbaring seperti berbaring miring untuk beberapa saat. Hal ini untuk mencegah terjadinya tekanan pada perut.
  • Jangan menunda buang air besar
    Sekalipun hanya duduk dan berbaring saja namun jangan menunda saat ingin buang air besar.

Nah, setelah mengetahui cara mencegah ambeien setelah melahirkan, setidaknya kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita lagi.

[sumber: artikelkesehatananak.com]

Advertisements
This entry was posted in Artikel Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s